Wednesday, September 7, 2011

3 GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA

GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA
Banya pendaki gunung yang ingin mendai gurung tertinggi, ibarat sebuah kapal semakin besar semakin hebat... gunung tertingi di dunia adalah himalaya, tapi tahukan anda bahwa indonesia juga memiliki gunung yang cukup tinggi, nah di bawah ini adalah 3 gunung tertinggi di indonesia.


[1]gunung semeru (3676m)


Gunung Semeru atau Sumeru merupakan gunung berapi tertinggi di indonesia, dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.


Posisi gunung ini terletak diantara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT.

Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

[2]gunung slamet (3432m)


Gunung Slamet (3.432 meter) adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Terdapat empat kawah di puncaknya yang semuanya aktif.


Aktivitas terakhir adalah pada bulan Mei 2009 dan sampai Juni masih terus mengeluarkan lava pijar.

[3]gunung arjuno (3339m)


Gunung Arjuno (atau Gunung Arjuna, dalam nama kuna) terletak di Malang, Jawa Timur, bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 m dpl dan berada di bawah Pengelolaan Tahura Raden Soeryo. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu.

Gunung Arjuno bersebelahan dengan Gunung Welirang. Puncak Gunung Arjuno terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Welirang. Selain dari dua tempat diatas Gunung Arjuno dapat didaki dari berbagai arah yang lain. Gunung yang terletak di sebelah barat Batu, Malang - Jawa Timur ini juga merupakan salah satu tujuan pendakian. Disamping tingginya yang telah mencapai lebih dari 3000 meter, di gunung ini terdapat beberapa objek wisata. Salah satunya adalah objek wisata air terjun Kakek Bodo yang juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Arjuna. Meskipun selain objek wisata air terjun Kakek Bodo terdapat pula air terjun lain, tetapi para wisatawan jarang yang mendatangi air terjun lainnya, mungkin karena letak dan sarana wisatanya kurang mendukung.

nah itulah 3 gunung tertinggi di indonesia.

2 comments:

Owetbara said...

apa g salah itu gan,,
perasaan gunung semeru (mahameru) itu gunung tertinggi di pulau jawa, bukan tertinggi di indonesia, apa lagi masuk dalam 3 besar gunung tertinggi di indonesia,
ini 3 gunung tertinggi di indinesia yaitu:
1. Gunung Puncak Jaya Wijaya (4884 m)
2. Gunung Kerinci ( 3.805 m)
3. Gunung Rinjani (3.726 m)
sedangkan Semeru sendiri masuk dalam gunung tertinggi no 4 di indonesia, dengan ketingian (3.676m)

Unknown said...

Gan kok salah bikin orang bingung aja lain kali cek dulu ya:-)

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2014 Dunia Unik dan Menarik Support by Google | Blogger